Tip: Upgrade gcc, lalu emerge -e @world

Pandu Poluan
Sekedar tip:

Saya menemukan bahwa kinerja Gentoo saya meningkat *sangat* pesat bila:

*) portage di-upgrade ke portage-2.2.0 (jangan lupa di-unmask)
*) gcc di-upgrade ke gcc-4.5.3
*) Di make.conf USE= ditambahin "graphite" dan CFLAGS ditambahin
*) emerge -e @system @world

Memang sih, kebutuhannya cukup besar:

*) Recommended '/' partition minimal 4.5 GB
*) Juga pastikan jumlah inode cukup -- saya pakai 640'000
*) RAM minimal 1 GB

Rgds,

Pandu E Poluan - IT Optimizer
My website: http://pandu.poluan.info/

Re: Tip: Upgrade gcc, lalu emerge -e @world

lun4
wah, klo saya masih belum mau pakai portage 2.2
masa dari rcxxx berubah menjadi alpha-xxx :(

2011/8/20 Pandu Poluan <[hidden email]>
[...]

J.Marcos S.

Re: Tip: Upgrade gcc, lalu emerge -e @world

Pandu Poluan
Tapi status alpha nya sudah hampir 3 tahun tuh.

Di milis sebelah ([hidden email]) boleh dikatakan hampir semuanya
udah pake portage-2.2

Rgds,

On 2011-08-22, J.Marcos Sitorus <[hidden email]> wrote:

> wah, klo saya masih belum mau pakai portage 2.2
> masa dari rcxxx berubah menjadi alpha-xxx :(

> [...]

Lupa nambahin:

Saya punya 8 server production di kantor, semuanya pake portage-2.2
dan gcc-4.5.3.

Production loh yahh... bukan devel atau staging... :)

Rgds,

On 2011-08-22, Pandu Poluan <[hidden email]> wrote:

> Tapi status alpha nya sudah hampir 3 tahun tuh.
>
> Di milis sebelah ([hidden email]) boleh dikatakan hampir semuanya
> [...]

Re: Re: Tip: Upgrade gcc, lalu emerge -e @world

lun4
Nah itu dia, kalau status alpha-beta sampai 3 tahun, berarti ada apa-apanya kan? Kalau ga kenapa bisa sampai 3 tahun?
Bahkan klo ga salah, pernah ada gosip akhirnya portage-2.2 tidak akan keluar tapi langsung loncat ke 3.0
Memang sih yang udah pakai portage 2.2 udah banyak, buat saya jadi bingung trus pingin pakai.

Tapi sampai sekarang masih malas update (kata kuncinya 'malas' :p)

On 2011-08-22, J.Marcos Sitorus <[hidden email]> wrote:
> wah, klo saya masih belum mau pakai portage 2.2
> masa dari rcxxx berubah menjadi alpha-xxx :(

> [...]

Regards / Salam,
*´¨)
 ¸.•´¸.•*)    ¸.•*¨)       ¸.    ¸.•*
(¸.•´     (¸.•`¤Subastian¤

Re: Tip: Upgrade gcc, lalu emerge -e @world

Pandu Poluan
Mungkin mustinya namanya portage 2.1.9999 aja kali ya? 'Live' ebuild :D

Yang saya tahu sih karena banyak ide + fitur + dll, jadi akhirnya
dijadikan 'kawah chandradimuka' aja, setelah fitur2nya lengkap,
langsung stable ke 3.0.0.

Selain itu juga migrasi 2.1 ke 2.2 'kurang' mulus: kalau mau fitur 2.2
maksimal, harus 'emerge -e @system @world' biar dia 'nangkep' semua
lib penting. Tidak wajib sih, tapi disarankan demikian pas selesai
'emerge portage'.

(Saya sih karena juga upgrade ke gcc-4.5.3 sekalian aja dah 'emerge -e
@system @world')

Saya dulu juga di milis gentoo-user nanya hal yang sama kok, dan
dijawab seperti di atas. Jadi saya unmask aja pake '**'.

Sekarang saya udah pakai portage-2.2.0alpha51 :)

Cukup puas sih dengan fitur 'emerge @preserved-rebuild' nya, ngurangin
revdep-rebuild ;)

Rgds,

On 2011-08-22, J.Marcos Sitorus <[hidden email]> wrote:

> [...]
> trus pingin pakai.
>
> Tapi sampai sekarang masih malas update (kata kuncinya 'malas' :p)

Wah, baru tau klo ceritanya seperti itu. Inilah akibat terlalu sering dengar gosip, taunya berita cuma sepotong-sepotong :p
Tapi sepertinya sih saya lebih sreg langsung loncat ke 3.0, lebih gmn gitu (btw angka tiga lagi booming ya? gnome 3, linux 3, dll)
Kalau untuk gcc, mah saya lebih malas lagi. Secara klo update gcc, PASTI harus emerge world

@Bastian, ikut bas. teriak aja dimari, ntar juga orangnya muncul :p *emailnya:[hidden email]*

On 2011-08-22, J.Marcos Sitorus <[hidden email]> wrote:
> [...]
> trus pingin pakai.
>
> Tapi sampai sekarang masih malas update (kata kuncinya 'malas' :p)

Kalo menurut handbooknya sih nggak usah, cukup emerge libtool lalu
revdep-rebuild aja.

Ini juga saya karena fresh install (lagi bikin stage3.5 tarball)
makanya sempet2in upgrade gcc dari 4.4 ke 4.5 ... ngejar 'graphite'
nya itu lohh :-)

Rgds,

--
FdS Pandu E Poluan
~ IT Optimizer ~

 • LOPSA Member #15248
 • Blog : http://pepoluan.tumblr.com
 • Linked-In : http://id.linkedin.com/in/pepoluan

RE: Re: Tip: Upgrade gcc, lalu emerge -e @world

lun4
Gcc = c compiler kan?
Berarti harusnya semua program yg menggunakan bahasa c perlu di-emerge ulang dong. Menurut logika saya sih gitu, jadi tiap update gcc saya selalu emerge world

Sent from X1©

[...]

Ya nggak perlu lah.

Kalau sudah di-compile kan sudah bentuk binary / bahasa mesin.

Yang perlu di-compile ulang hanya libraries saja, karena perubahan
versi 'besar' (misalnya 4.4 ke 4.5) biasanya format interface library
nya ada perubahan. Ini akan bisa ditemukan oleh revdep-rebuild.

Kalau saya sih emerge -e @system @world tujuannya adalah memanfaatkan
fitur2 optimization yang lebih bagus, jadi seluruh sistem jalannya
lebih cepat :)

(Contoh, gcc 4.5 support 'graphite', yang di gcc 4.4 masih experimental).

Rgds,

On 2011-08-22, MarcOS <[hidden email]> wrote:

> [...]
> dong. Menurut logika saya sih gitu, jadi tiap update gcc saya selalu emerge

Wah berarti selama ini persepsi saya salah dong
Tp gpp lah, emerge word sebentar ini *ingat pc om tukangzapu di lab*
Sent from X1©